Suroboyo.js

|
Suroboyo.js adalah perangkat lunak untuk web platform yang dibuat untuk dipasang di suatu halaman web, sehingga halaman web tersebut mendapatkan pemfilteran dan pemblokiran dari konten-konten tidak pantas. Suroboyo.js adalah proyek open source yang dapat digunakan, diubah, dan disebarluaskan secara gratis. Blog Post ini akan menginformasikan lebih detail tentang perangkat lunak ini.

Jaman sekarang ini, sebagian besar warga Indonesia maupun dunia menggunakan teknologi Internet untuk berkomunikasi, mencari informasi, bersenang-senang, dan sebagainya. Bahkan, ada yang mengatakan dirinya tidak dapat hidup tanpa internet. Terlepas dari ungkapan itu, semakin hari pengguna internet semakin banyak dan meluas di seluruh dunia. Di antara pengguna internet itu, ada saja yang tidak bertanggung jawab dalam menggunakannya.

Orang-orang tersebut menggunakan internet layaknya banyak orang. Namun, di antara mereka, ada saja yang menggunakan internet untuk melakukan hal yang tidak layak. Mereka-mereka itu bervariasi, ada dewasa, remaja, hingga anak-anak. Tentu hal ini meresahkan banyak orang, khususnya orang tua.

Yang menjadi perhatian utama adalah anak-anak dan remaja. Anak-anak dan remaja mudah sekali menyerap suatu informasi, apalagi konten-konten tidak pantas tersebut. Dibutuhkan suatu cara untuk mencegah anak-anak dan remaja itu melihat/mengenal hal-hal tidak pantas tersebut. Banyak cara yang bisa dilakukan, termasuk cara yang paling sering digunakan yaitu pemblokiran.

Tetapi, tidak semua orang tua sempat menginstall perangkat lunak desktop, seperti software pemblokiran, parental control, atau sejenisnya. Jadi, pemilik situs dan developer yang dibutuhkan untuk membersihkan konten-konten tidak pantas tersebut dari situs mereka. Jadi, pengguna atau lebih tepatnya pengunjung tidak perlu repot-repot memasang perangkat lunak pemblokiran/pencegahan terhadap konten tak pantas tersebut yang pastinya menambah beban memori komputer.

Keunggulan lain dari aplikasi pemblokiran individual dari situs itu sendiri adalah mudah digunakan, baik untuk  developer, administrator, ataupun orang awam yang tidak mengerti pemograman sekalipun, seperti blogger, guru, orang tua, dan lain-lain. Ukuran file yang kecil serta kecepatan akses juga yang menjadi prioritas utama digunakannya perangkat lunak ini.

Hanya satu kekurangan dari software ini, yaitu tidak merata. Belum tentu semua situs menggunakan perangkat lunak ini, sehingga aksi pemblokiran ini masih bisa mendapat kelonggaran. Tapi paling tidak kita mencegah. Hal ini saya kembalikan kepada para pemilik situs sendiri.

Suroboyo.js belum di publish secara resmi. Saat ini masih dalam pengembangan. Versi yang ada adalah 1.0.0 Beta 1. Dimohon kesabarannya dalam menunggu versi resminya ya........... Doain juga supaya saya bisa diterima secara resmi di Tim Independen Suroboyo........

Berikut link yang mendukung:
Situs Resmi Proyek Suroboyo: http://suroboyo.tk
Page Facebook Suroboyo: http://www.facebook.com/sbsuroboyo
Twitter Suroboyo: @sbsuroboyo 

0 komentar:

Posting Komentar