Yummy & Salty Kerak Telor

|
Readers, di sekolah gw lagi ada acara Star Wars, jadi itu acara kaya kompetisi olahraga antarsekolah. Keren banget loh. Tapi bukan itu yang mau gw bicarain. Sekarang gw lagi omongin tentang kerak telor yang pasti udah ga asing lagi di telinga kalian.

Terus, apa hubungannya acara Star Wars lo itu? Jadi gini, di acara ini disediakan stand-stand makanan, minuman, dan sebagainya. Sumpah, semuanya minimal sepuluh ribu. Mana gw ga bawa duit. Terpaksa deh minjem 10.000 sama temen. Nah, udah dapet duit, sekarang mo beli apa? Bingung lagi, abisnya makanannya udah pada bosenin semua. Adanya burger, kentang goreng, minuman-minuman ga sehat yang penuh dengan pewarna dan pemanis buatan, baso, batagor, beuh, udah sering makan semua. Gw pengen nyarinya yang unik. Sampai akhirnyaaaa.........

Besss, penglihatan gw langsung beralih pada stand yang PALING pendek diantara stand lainnya. Disitu cuman ada seorang bapak, setengah baya, dengan gerobak atau apa gitu gw lupa namanya. Pokonya yang dipikul itu deh, yang sering dipake buat jual makanan jaman dulu. Sederhana banget. Yang dijual kerak telor, pas emang lagi ngidam-ngidamnya (yah, cowo juga boleh ngidam donk.........). Udah lama ditahan-tahanin, pengeeeen banget makan kerak telor. Sebenernya 2 minggu yang lalu udah makan, tapi belom puas :P. Akhirnya, ya gw pesen.......

Enaaaak banget rasanya. Sumpah, lebih enak dari ketoprak atau gado-gado walaupun sama-sama dari Betawi. Bedanya, ketoprak sama gado-gado itu terlalu banyak. Ada di mana pun, di selama kita masih hidup dan tinggal di Jakarta, kita pasti liat tukang gado-gado yang juga sangat bosenin itu. Tapi kerak telor? Sumpah, ini hari keberuntungan gw bisa makan kerak telor. WOW!

Gw ga tau, apakah 10 tahun lagi gw masih bisa makan kerak telor. Gila, makanan khas Indonesia, dari Betawi, kenapa ga ada yang jual? Selama ane hidup sampe sekarang, ane cuman tau tukang kerak telor di depan rumah mak ane (duh, jadi pake bahasa betawi deh....), sama di PRJ. Yang ini termasuk, cuman ane ga tau aslinya tuh babe mangkal di mana (ga bisa ilang nih betawi style-nya -_-). Harapan ane, kerak telor selalu lestari, jangan sampe hilang, karena pasti anak cucu kite juga pengen nikmatin makanan ini. Sama untuk makanan khas Indonesia lainnya. Jangan sampe makanan khas Indonesia HILANG hanya karena makanan asing yang lebih populer. JANGAN! Itu harapan gw.

Terus gimana caranya? GAMPANG, dan salah satunya udah gw sebutin di paragraf pertama. Hanya cukup memanggil tukang kerak telor di event-event besar, apalagi pada event itu ada pengunjung asing. Itu bisa dijadikan cara untuk mengenalkan masakan tersebut kepada orang asing. Bisa juga, kita sebarkan resepnya supaya banyak yang bisa bikinnya. Kan, kalo udah ada resepnya, kalo udah ga ada yang jual, kita bisa memulainya lagi, jadi kepunahan makanan tersebut bisa dihilangkan.

Saya, Nathaniel Mannawi, untuk Indonesia. HIDUP INDONESIA!

Cintai makanan Indonesia! Dukung kuliner Indonesia di http://www.darimulutkehati.com

0 komentar:

Posting Komentar